Zaki Sodorkan 4 Langkah Upaya Pemulihan Ekonomi

0
887 views
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (tengah) saat launching skema bantuan untuk memulihkan perekonomian di Kabupaten Tangerang, Rabu (26/8/2020).

TANGERANG – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, ada empat langkah Pemkab Tangerang dalam upaya pemulihan perekonomian sebagai dampak pandemi Covid-19.

Pertama, sebut Zaki, skema bantuan subsidi bunga. Skema ini memberikan bantuan subsidi bunga pada debitur atau nasabah BUMD yang meliputi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Artha Kerta Raharja, BPR Kerta Raharja, serta nasabah UPTD Pendanaan Dana Bergulir (UPDB) Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang dengan skema yang dibayarkan oleh APBD Kabupaten Tangerang dimulai Maret sampai dengan bulan Desember 2020.

Kedua, skema bantuan pertanian. Skema ini membantu sektor pertanian sebagai upaya dari pengurangan dampak ekonomi pasca Covid-19 para petani dan peternak yang dimulai dari upaya pemberian sarana prasarana, pembelian gabah atau beras petani, pengadaan cadangan pangan, hingga pengembangan usaha peternakan dan pertanian. “Skema bantuan ini diharapkan terwujudnya ketahanan pangan masyarakat dan keberlanjutan usaha sektor pertanian dan peternakan,” kata Zaki saat launching skema bantuan yang digelar secara virtual di Pendopo Kabupaten Tangerang yang diikuti 29 kecamatan, Rabu (26/8/20).

Langkah ketiga, skema bantuan perikanan. Skema bantuan perikanan ini untuk membantu sektor keberlanjutan usaha perikanan yang meliputi nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan. “Pada sektor ini kegiatan ketahanan pangan dalam pemenuhan kebutuhan protein masyarakat serta keberlangsungan kegiatan perikanan seperti penangkapan budidaya ikan serta pengolahan ikan dapat berjalan,” katanya.

Keempat, skema bantuan permodalan melalui aplikasi Sibamas (sistem bantuan masyarakat). Ini merupakan rancangan program untuk masyarakat sebagai upaya peningkatan usaha mikro kecil dan tenaga kerja yang terdampak PHK. “Melalui program bantuan permodalan ini dibagikan kepada masyarakat dengan mekanisme bantuan Rp5 juta hingga 10 juta per orang untuk meningkatkan usaha dan menumbuhkan wirausaha baru,” katanya.

Dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan mempengaruhi berbagai sektor mulai dari kesehatan pendidikan hingga sektor ekonomi. “Perlu strategi yang tepat sebagai bentuk langkah upaya pemulihan dampak ekonomi agar bisa seimbang dengan upaya penanganan kesehatan dan jaring pengaman sosial,” kata Zaki.

Sementara itu Kepala Bappeda Taufik Emil mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya melakukan pemulihan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 salah satunya dengan meluncurkan program-program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Saya berharap program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tangerang bisa kembali bangkit,” ungkapnya. (alt)