Zetizen Icon Radar Banten 2019: Rayhan dan Luqyana Jadi Pemenang

Pengukuhan Zetizen Icon Boy 2019 Rayhan Hafid Ramadhan dan Zeticon Icon Girl 2019 Luqyana Anjaryava, di Cilegon Center Mall, Kota Cilegon, Sabtu (21/4).

Perhelatan pemilihan duta literasi dan aksi positif bacaan anak muda
di koran Radar Banten, yakni Zetizen Icon Radar Banten 2019 berakhir
sudah pada Sabtu (20/4) lalu. Luqyana Anjaryava dan Rayhan Hafidh Ramadhan
terpilih sebagai juara.

DESTIANNA HELLEN – Cilegon

Puncak pemilihan Zetizen Icon Radar Banten 2019 ditutup dengan Awarding Day atau grand final, dihelat di Cilegon Center Mall, Cilegon, pukul 13.00-16.30 WIB. Selain sesi penampilan bakat para finalis dan unjuk public speaking menjawab pertanyaan dari para juri, acara juga diisi penampilan bintang tamu.

Acara tahunan Radar Banten yang memasuki tahun ketiga ini konsisten dilakukan setiap tahun sejak halaman Zetizen terbit di Radar Banten. Kegiatan ini untuk mencari duta literasi di kalangan anak muda Banten, sekaligus event dalam memperingati ulang tahun Zetizen di Radar Banten.

Dari 720 formulir yang masuk sejak Januari hingga Maret, 180 peserta lolos untuk ikut audisi. Dari jumlah tersebut, berhasil dipilih 24 finalis dan sepuluh di antaranya lolos ke grand final. “Setelah Awarding Day ini, para finalis akan dilibatkan di berbagai kegiatan Zetizen,” kata Dyah Tribuwana, Ketua Pelaksana, di sela-sela acara.

Rayhan Hafidh Ramadhan, pemenang Zetizen Icon Boy Radar Banten 2019 mengaku sangat senang terpilih sebagai juara. Bahkan, pria kelahiran Serang, 21 November 2001 itu tidak menyangka terpilih sebagai pemenang.

“Semangat dan usaha yang saya lakukan akhirnya membuahkan hasil dari impian yang saya inginkan,” kata pengurus OSIS SMAN 3 Kota Serang yang memiliki brand clothing sendiri, yakni R21 itu.

Menurut remaja yang gemar membuat vlog di YouTube dan vokalis band itu, event Zetizen Icon Radar Banten bisa membuka pikiran remaja di Banten dalam mengembangkan kreativitasnya. “Setelah terpilih sebagai Zetizen Icon Boy, hal yang akan saya lakukan, yakni mengajak generasi muda khususnya di Banten untuk mencintai literasi seperti dengan cara membuat caption di sosial media secara menarik dan positif. Jadi, dari caption tersebut yang mengajak sekaligus mengedukasi para remaja di Banten,” ungkap penyuka musik klasik itu.  

Kegembiraan luar biasa juga dirasakan Luqyana Anjaryava. Terpilih sebagai pemenang Zetizen Icon Girl Radar Banten 2019, remaja yang piawai menari itu mengaku senang bisa membanggakan orangtua dan orang-orang di sekitarnya. Siswi SMAN 1 Kramatwatu itu juga bersyukur bisa mendapatkan pengalaman yang tidak semua orang dapat dan bisa menunjukkan diri dengan prestasi yang diraih.

Meski begitu, remaja yang kerap disapa Lulu itu bilang, banyak kesulitan yang terjadi saat audisi. “Audisi pertama saya menari dan solo gitar. Kemudian saat grand final ini menari dengan topeng hasil kreasi sendiri. Kesulitan pasti ada karena saya dari awal belum bisa catwalk atau terbiasa pose di depan kamera. Tapi karena saya terus berlatih dan diajarkan pula saat pembekalan di Zetizen, sekarang saya mulai terbiasa catwalk dan pose di depan kamera,” ungkap siswa kelas XI IPA itu.

Awarding Day dibuka dengan tarian Najwa dan Chandra, top 20 Zetizen Icon Radar Banten 2019. Para juri yang hadir empat di antaranya juri saat audisi tahap 1 dan 2, yakni Susi Kurniawati dari Dbanten Cloth dan wartawati Radar Banten, Gayuh Permadi dari Benito Tour and Travel, Setiawan Chogah dari Dezain.in, dan Sophik Emeraldi dari Dompet Dhuafa Banten. Juri lainnya Melia Triana, yakni pemenang Zetizen Icon Girl Radar Banten 2017.

Saat sesi hiburan, Kintan Nazhavira pemenang Zetizen Icon Girl 2018 tampil dengan cover dance Korea, Sela Septiani, yakni top 10 Zetizen Icon Radar Banten 2018 tampil bersama bandnya, Detik Band, juga menghibur dengan dua lagu. Dionisius Bemby, komika asal Serang, juga tampil.

Acara Awarding Day ditutup dengan pengumuman pemenang. Selain Rayhan dan Luqyana, untuk kategori favorit diraih Azahra Putri Arianto dari MAN 1 Kota Serang, Sosmed dimenangkan Haura Meilisa dari SMAN 1 Kota Serang, Berbakat diraih Theresia Vannya Kasih Reihita dari SMKN 2 Kota Tangerang, Photogenic oleh M Raya Kurniawan dari SMAN 2 Kota Serang, Philantrophy oleh Shafa Andhanie dari SMAN 1 Ciruas, dan Traveller oleh Samsul Hari Budiman dari SMK Bismillah Padarincang. (*)