Zinedine Zidane. Foto: UEFA

MANCHESTER – Musim baru dimulai, tapi teror musim ketiga sudah berada di hadapan Jose Mourinho. Rabu (15/8), media-media Eropa entah media Spanyol, Prancis, dan Inggris kompak menyebut nama Zinedine Zidane sebagai nama yang bakal menggusur Mourinho. Usai mundur dari Real Madrid 31 Mei, Zidane masih nganggur.

Setelah gosip-gosip yang menyebut Zidane akan menggusur Didier Deschamps (Prancis) dan Massimiliano Allegri (Juventus) tak terbukti, L’Equipe mengklaim Zidane bakal bergabung dengan super manager lain di Premier League musim ini, menggantikan tugas The Special One di Old Trafford.

Mou dikabarkan sedang tak akur dengan CEO United, Ed Woodward. Terlebih setelah pada bursa transfer musim panas ini, The Red Devils hanya mampu mendatangkan tiga nama dan tak satu pun yang berstatus bintang. Hanya jika jadi merapat, Zizou tak langsung menjadi tactician-nya Antonio Valencia dkk.

Dia bakal memulainya sebagai Direktur Olah Raga. Kebetulan, United musim ini berniat mengisi jabatan Direktur Olah Raga-nya untuk kali pertama. Meski Zidane belum disebut-sebut dalam kandidat calonnya, seperti Edwin van der Sar, Monchi, Fanio Paratici, dan Paul Mitchell. ”Dia (Zidane) bisa mengendalikan pemain dengan ego, seperti Paul Pogba,” puji Eurosport di dalam salah satu laporannya.

Sebelum rumor itu muncul, Mourinho sudah paham dengan adanya rencana United akan mengisi posisi Direktur Olahraga.

”Saya pikir sepak bola sudah berubah. Dan manajer harusnya  dipanggil sebagai pelatih,” ungkap Mourinho usai memetik kemenangan pertama di Premier League musim ini melawan Leicester City (11/8), dikutip Manchester Evening News.

Mourinho sebagai pelatih hanya fokus ke taktikal. Sementara, Direktur Olah Raga, siapa pun orangnya, lebih mengurus urusan di luar taktikal seperti transfer pemain. Ini deja vu ketika Zidane pada 2011 menjadi Direktur Olahraga Real dan Mourinho pelatihnya. Selama ini, tugas yang seharusnya dijalankan Direktur Olah Raga, dijalankan Woodward.

Di antara klub empat besar Premier League, United satu-satunya yang belum pernah memiliki pejabat Direktur Olah Raga dalam susunan direksinya. Tottenham Hotspur meski musim ini tak lagi memakai jasa Direktur Olah Raga, mereka pernah punya Franco Baldini lima musim silam. Dua klub papan atas lainnya, Manchester City punya Txiki Begiristain dan Liverpool masih ada Michael Edwards. (jpg/zai/ags/RBG)