KOTA TANGSEL, RADARBANTEN.CO.ID – Memperingati ulang tahun ke-130 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Regional CEO BRI Region 8 Jakarta 3, Moch Suratin, menegaskan bahwa kedekatan dengan masyarakat menjadi kunci utama keberlangsungan BRI di tengah berbagai perubahan dan tantangan industri perbankan.
Suratin menyampaikan, selama 130 tahun BRI konsisten menjadi bank dengan kontribusi terbesar terhadap perekonomian nasional. Komitmen tersebut, menurutnya, hanya dapat terjaga apabila BRI tetap menjunjung tinggi integritas serta tumbuh secara sehat dan berkelanjutan.
“BRI harus tetap dekat dengan masyarakat. Karena sumber pendapatan perusahaan dan keberlangsungan bank ini berasal dari masyarakat. Tanpa masyarakat, tidak akan ada BRI,” ujar Suratin, Selasa, 16 Desember 2025.
Sejalan dengan kebijakan kantor pusat, BRI terus melakukan transformasi di berbagai sektor, mulai dari pembaruan produk agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat, perbaikan proses bisnis, hingga penguatan kualitas sumber daya manusia.
Transformasi ini dilakukan untuk memastikan BRI mampu beradaptasi dengan dinamika persaingan perbankan yang terus berkembang.
Khusus untuk Region 8 Jakarta 3, Suratin menjelaskan fokus wilayah kerja diarahkan pada Banten dan Jakarta Barat.
Melalui fokus tersebut, BRI diharapkan dapat berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di dua wilayah tersebut.
Dalam menjaga keseimbangan antara pertumbuhan bisnis dan komitmen sosial, BRI mengedepankan indikator kesejahteraan masyarakat. Hal ini tercermin dari pertumbuhan dana pihak ketiga, penyaluran kredit yang berkualitas, peningkatan jumlah nasabah, serta dampak nyata terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah operasional BRI.
Suratin juga menyampaikan pesan kepada seluruh insan BRILiaN agar terus menjunjung tinggi integritas sebagai fondasi utama insan perbankan, memperkuat kolaborasi, serta mengedepankan fokus kepada nasabah. Menurutnya, memahami kebutuhan nasabah dan menghadirkan produk yang tepat menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap BRI.
Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun berkarier di BRI, Suratin berharap bank yang menjadi tempatnya mengabdi tersebut tetap hadir di tengah masyarakat, terlepas dari perubahan manajemen dan tata kelola.
“Apapun perubahannya, BRI harus tetap menjadi bank yang dekat dan berguna bagi masyarakat,” tutupnya.
Editor: Agus Priwandono











