Pelantikan Pjs Gubernur Banten Gagal Hari Ini

0
754 views

SERANG – Pelantikan Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Banten yang seyogyanya dilaksanakan hati ini batal karena belum keluarnya Keppres terkait pengangkatan Pjs Gubernur Banten. Pelantikan Pjs sendiri seyogyanya dilakukan hari ini mengingat hari ini merupakan hari terakhir masaja jabatan Gubernur Banten non aktif Rano Karno.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Kusmayadi mengatakan, meski pelantikan Pjs Gubernur Banten gagal, tidak akan terjadi kekosongan pemerintahan karena tetap akan diisi plt sampai pelantikan penjabat nanti.

Menurut Kusmayadi hal tersebut seperti yang tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 121.36-10013 Tahun 2016 tentang penunjukan Plt Gubernur Banten Nata Irawan.

“Pada poin keempat disebutkan bahwa masa jabatan pelaksana tugas gubernur Banten sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu berakhir pada saat pelantikan penjabat Gubernur Banten,”ujar Kusmayadi, Rabu (11/1).

Selain itu, Plt Gubernur sudah diberi kewenangan untuk melantik pejabat dengan persetujuan tertulis dari menteri. Hal itu sebagaimana Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti di luar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

Sementara itu, saat ditemui setelah menghadiri acara pembukaan Rakornas II PMII di Ponpes Al Fatoniah Sempu Kota Serang sore ini, Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Budi Prasetyo enggan mengomentari banyak terkait pelantikan tersebut. “Masih dalam proses, saya belum dapet informasi lagi, tanya soal ini aja (agenda Rakornas),” ujarnya singkat. (Bayu)