Hadapi Kepadatan Pelabuhan Merak, Siapkah ASDP?

Net. Kepadatan Pelabuhan Merak

CILEGON – Liburan panjang akhir tahun yang disebabkan karena beberapa hari besar seperti Maulid nabi, natal dan tahun baru telah mengakibatkan penumpukan kendaraan di seluruh kantong parkir dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon. Menghadapi hal ini, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menyatakan kesiapannya.

“Hari ini mulai padat, lima dermaga kami maksimalkan. Kondisi gangway, fender dan moveable bridge juga baik. Dari total 49 unit kapal feri yang siap beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni. Kami juga pastikan kapal juga laik laut karena telah melalui uji petik,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga kepada wartawan, Kamis (24/12/2015)

Berdasarkan data ASDP Merak 18-24 Desember 2015, jumlah total penumpang mengalami kenaikan sebanyak 9,8 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. Untuk jumlah kendaraan yang menyeberang juga mengalami kenaikan sebesar 6,5 persen. “Ini memang masih jauh bila dibandingkan musim angkutan Lebaran, namun musim liburan panjang hingga tahun baru cukup mendongkrak jumlah pergerakan penumpang dan kendaraan,” bebernya.

Untuk puncak kepadatan sendiri, pihaknya memprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini tepatnya 26-27 Desember. “Akhir pekan ini akan menjadi puncaknya arus penyeberangan, karena diperkirakan kepadatan semakin tinggi setelah hari Natal. Pengguna jasa juga banyak yang mengejar momen akhir tahun untuk menyongsong tahun baru 2016,” katanya. (net/RBOnline)