Kota Serang Peringkat Terakhir Keterbukaan Informasi, Duh..

Penghargaan keterbukaan informasi Provinsi Banten
Penghargaan keterbukaan informasi Provinsi Banten

SERANG – Pemerintah Kota Serang menduduki peringkat terakhir dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Banten dalam hal keterbukaan informasi. Hal tersebut terungkap saat Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten mengumumkan menyerahkan penghargaan keterbukaan informasi di Provinsi Banten.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten, Maskur mengtakan, untuk menentukan peringkat, seluruh tahapan penilaian sudah dilakukan. Termasuk mengecek secara langsung infrastruktur dan petugas pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) di masing-masing badan publik.

Maskur berharap, dengan adanya penghargaan ini, setiap SKPD terpacu untuk terus memperbaiki pelayanan informasi publik dan lebih terbuka kepada masyarakat. “Ke depan tentu saja kami berharap SKPD berlomba-lomba bukan hanya untuk mendapatkan penghargaan, melainkan substansi dalam mewujudkan KIP di tiap SKPD,” katanya.

Adapun susunan peringkat secara hitung mundur keterbukaan Informasi tingkat Kabupaten Kota, peringkat ke delapan atau terakhir yaitu Pemkot Serang, lalu berturut-turut Pemkot Cilegon, Pemkab Serang, Pemkab Lebak, Pemkot Tangsel, Kabupaten Tangerang, Pemkab Pandeglang dan yang pertama adalah Pemkot Tangerang.

“Sedangkan untuk SKPD, terbaik pertama adalah Kantor Penghubung Provinsi Banten, Balitbanda, BLHD, BKPMPT, Perpustakaan dan Arsip Daerah, Bappeda, Badan Kepegawaian Daerah, Biro Ekbang, Biro Humas dan yang terakhir adalah KPID,” paparnya. (Bayu)