Dana Bantuan PKH Naik Dua Kali Lipat

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pada rakor dan sosialisasi Satgasda PAM dan Gakkum hibah bansos, Jumat (1/2).. Foto: Pemprov Banten

SERANG – Tahun ini dana bantuan sosial (bansos) pemerintah pusat untuk Program Keluarga Harapan (PKH) naik dua kali lipat.

Setiap keluarga penerima manfaat PKH mendapatkan bantuan Rp1.890.000. Sementara yang mempunyai anak sekolah di tingkat SD, tahun 2018 mendapatkan tambahan bantuan sebesar Rp450 ribu, kini naik menjadi Rp900 ribu. Sedangkan untuk tingkat SMP dari Rp750 ribu menjadi Rp1,5 juta, dan tingkat SMA dari Rp1 juta menjadi Rp2 juta.

Selain itu, untuk kesehatan bagi keluarga yang memiliki balita dan ibu hamil yang semula mendapatkan bantuan Rp1,2 juta naik menjadi Rp2,4 juta. Pencairan bantuan itu akan cair dalam empat tahap, yakni Januari untuk tahap pertama, April tahap kedua, Agustus tahap ketiga, dan Oktober tahap keempat.

Kasubdit Validasi dan Terminasi Kementerian Sosial (Kemensos) M Selamet Santoso mengatakan, kenaikan itu dilakukan berdasarkan evaluasi.

“Kalau dengan nominal yang dulu, apabila sudah beli tas tidak bisa lagi untuk membiayai kebutuhan sekolah yang lainnya,” ujar Selamet usai rapat koordinasi dan sosialisasi Satuan Tugas Daerah Pengamanan dan Penegakan Hukum (Satgasda PAM & Gakkum) Hibah Bansos Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Jumat (1/2).

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta Satgasda PAM dan Gakkum hibah/bansos APBN tahun 2019 untuk bekerja maksimal guna mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyaluran bantuan hibah/bansos APBN kepada para penerima manfaat.

Andika menjelaskan, pendampingan yang dilakukan Satgasda menjadi unsur penting dalam rangka penyaluran bantuan masyarakat Banten agar tepat sasaran, efektif, dan efisien. Apalagi, bantuan ini merupakan langkah agar pemerintah daerah terbantu dalam menekan angka kemiskinan di daerahnya. (Rostinah/Aas)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.