Dana Desa untuk Pandeglang Bertambah, Jadi Rp118 Miliar

0
537
Dana Desa
Ilustrasi/ Inet

PANDEGLANG – Bantuan dana desa (DD) tahun ini bertambah menjadi Rp118 miliar. Nilai sekarang lebih banyak dari 2015 lalu yang hanya Rp91 miliar. Pemerintah sengaja menambah alokasi dana desa agar pembangunan di desa lebih cepat.

“Bantuan dana desa tahun lalu alhamdulillah terserap semua oleh desa,” ujar Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pandeglang Meli Diah Rahmalia saat ditemui di kantornya, Selasa (22/3/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Meli meminta, DD digunakan sesuai perencanaan. Pembagiannya 90 persen untuk pembangunan fisik. “Sebab, jika dalam realisasi penggunaan tidak sesuai rencana maka akan menjadi temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan-red) dan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan-red). Dan bukan hanya itu, nanti akan ada audit dan investigasi oleh Inspektorat langsung ke lapangan,” katanya.

Ditemui di kantornya, Kepala Desa (Kades) Surianeun, Kecamatan Patia, Buang, mengaku DD yang diterimanya tahun ini sebanyak Rp1 miliar. Pihaknya berjanji akan menggunakan dana sesuai aturan. “Saya akan gunakan DD tersebut untuk pembangunan yang sesuai rencana dalam usulan. Seperti peningkatan jalan poros desa, pemasangan paving block jalan perkampungan, ditambah pembuatan MCK (mandi, cuci, dan kakus-red),” katanya. (mg-05/zis/ags)