Diduga Kabur dari Vietnam, Tiga Keluarga Imigran Ilegal Ditahan

0
576 views
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Timbul Pardede.

SERANG – Sebanyak 18 imigran ilegal diamankan pihak Kantor Imigrasi Kelas I Serang. Mereka ditahan lantaran tak memiliki identitas lengkap seperti KTP dan izin tinggal di Indonesia. Mereka merupakan bersaudara dari tiga keluarga. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang Timbul Pardede saat ditemui di kantornya, Sabtu (11/2).

“Informasi dari Polres Pandeglang dan para imigran yang bisa diajak komunikasi, mereka tak memiliki identitas apapun, mereka juga sempat dipenjarakan di Vietnam. Jadi status mereka ini kabur dari daerah Vung Tau Vietnam menuju Australia melalui jalur laut,” ungkapnya

Timbul menjelaskan, mereka yang ditahan terdiri dari sembilan orang laki-laki dewasa, empat perempuan dewasa, dua anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Informasinya, mereka mencari suaka di negara Auatralia. Kurang lebih sepuluh hari berlayar di perairan Selat Sunda, menggunakan kapal yang berukuran 8 meter bernomor lambung kapal BD 30957 TS.

“Diduga karena cuaca ekstrem dan ombak besar, mereka berlabuh menepi ke bibir pantai di Kampung Cibanua, Kelurahan Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Mereka ini semua tak bisa bahasa Inggris, ada satu orang bisa tapi berantakan bahasa Inggrisnya. Jadi kami kesulitan juga,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Timbul, mereka semua dalam kondisi sehat. “Di sini mereka diberi makanan dan minuman. Kami manusiakan mereka. Kami juga sudah koordinasi dengan Dubes Vietnam untuk dilakukan pemanggilan. Dan kami juga sudah koordinasi dengan pimpinan pusat kita juga. Jadi nanti hari Senin besok, pihak terkait pada datang ke kantor. Karena saat ini hari libur, jadi Senin keputusannya,” tambahnya. (Ade F)