Diterjang Puting Beliung, Tenda Pameran Koperasi Porak Poranda

Sejumlah tenda yang porak poranda akibat diterjang angin puting beliung

CILEGON – Belasan tenda kerucut berterbangan diterjang angin puting beliung di lapangan Sumampir, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Senin (2/11/2015). Tenda-tenda kerucut  tersebut merupakan stan pedagang yang mengisi acara pameran peringatan HUT Koperasi ke 68 tingkat Kota Cilegon.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Cilegon sejak Selasa (27/10/2015) lalu ini, berbagai macam jenis produk dipamerkan dan dijual.

Sadam Husein (25), salah seorang pedagang menuturkan, kejadian itu berlangsung dalam hitungan detik dan membuat panik seluruh pedagang. “Waktu kejadian saya sedang makan di dalam tenda. Tiba-tiba ada angin kencang bareng debu itu menerbangkan tenda,” ujarnya.

Dalam kejadian itu, kata dia, seluruh barang dagangannya berupa pakaian turut berterbangan. Bahkan, dirinya sempat terpental terhantam rangka tenda yang diterjang angin. “Untungnya saya tidak apa-apa. Cuma sempat batuk-batuk saja, soalnya sempat terhirup debu yang dibawa angin,” katanya.

Sementara itu, Nurdian (45) salah seorang pedagang makanan di sekitar lokasi menceritakan kepanikan yang dirasakannya saat melihat beberapa tenda berterbangan di udara. Insiden itu, kata dia, dibarengi dengan takbir sejumlah pedagang yang berhamburan berlari menyelamatkan diri. “Tenda itu berputar-putar di udara. Semua pada teriak ‘Allahu Akbar’. Pada ketakutan,” bebernya.

Tak hanya tenda, lanjut dia, sejumlah mobil yang tengah terpakir di sekitar lokasi kejadian pun sempat bergoyang akibat terjangan angin. Tak ada korban jiwa dalam kejadian, namun sejumlah pedagang tampak masih syok atas kejadian yang baru mereka alami. (Devi Krisna)