Pegawai Kemenag Kota Cilegon memperlihatkan kartu nikah

CILEGON – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cilegon mulai memberikan kartu nikah kepada pasangan yang menikah pada tahun 2019.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam pada Kantor Kemenag Kota CIlegon Isomuidn menjelaskan, program kartu nikah sejak Januari 2019 lalu. Namun baru efektif dilakukan pada Februari lalu di semua Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Cilegon.

“Sudah ada 272 pasangan yang memiliki kartu nikah. Satu pasangan dapat satu kartu,” ujar Isomudin kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/3).

Dengan program ini, setiap pasangan pengantin baru akan mendapatkan buku nikah dan mendapatkan kartu nikah. Di kartu itu terdapat foto dan identitas pasangan, serta kode batang atau barcode.

“Itu sebagai tanda bukti, manakala pengantin ini berpergian ke luar kota dan menginap di hotel syariah, itu sebagai bukti menunjukkan sudah menikah secara sah,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Isomudin, belum ada kendala. Setiap KUA memiliki mesin cetak kartu. Usai pernikahan, buku dan kartu nikah langsung diberikan. Proses pembuatannya cepet, hanya menitan saja, gak lama,” tuturnya. (Bayu Mulyana)