KSOP Banten Terapkan Sistem Portal Elektronis

0
162 views

TANGERANG – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten memberlakukan inaportnet atau sistem portal elektronis di Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang ada si wilayah perairan Banten.

Sistem itu disebut bisa meningkatkan integritas dan pelayanan yang lebih baik, terukurnya biaya dan waktu, transparansi pelayanan, serta dapat mendorong iklim investasi yang dapat dimanfaatkan oleh warga untuk berusaha.

Kepala KSOP Kelas I Banten Herwanto menjelaskan, dengan penerapan sistem tersebut, pengguna jasa kepelabuhanan dapat mengakses sistem di kepelabuhanan lebih cepat secara online dan hemat biaya. “Sistem  yang kita namai Hapi Pape ini bisa meminimalisir berbagai penyimpangan,” ujar Herwanto, Rabu (7/8), di Tangerang.

Hapi Pape merupakan singkatan dari  dari Harmonisasi Pemanfaatan Inaportnet dalam Kegiatan Pelayanan Kepelabuhanan di Pelabuhan Banten. Sistem ini dibuat karena di sepanjang garis pantai Banten sekira 70 mil terdapat 57 TUKS yang sampai saat ini masih menggunakan pelayanan kapal secara manual. Menurut Herwanto di tengah era digitalisasi semua pelayanan menuntut untuk memanfaatkan teknologi informasi.


“Proyek perubahan ini mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut dan diharapkan Pelabuhan Banten menjadi Pilot Project penggunaan Inaportnet pada TUKS-TUKS di Indonesia dan insya Allah bapak Direktur Jenderal Perhubungan Laut akan melaunching proyek perubahan ini,” ungkap Herwanto.

Terpisah, Director and Operation PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Widi Hartono menjelaskan,  pihaknya telah menerapkan  inaportnet di Terminal Umum Cigading 1. Karena itu penerapan Hapi Pape dilakukan di TUKS Cigading 2.

“Dengan sistem ini ada kemudahan bagi pengguna jasa, dimana tidak lagi perlu mengurus dokumen kapal secara manual tapi sudah bisa mengakses langsung dengan sistem yang ada secara online,” katanya. (Bayu Mulyana)