Wakil Ketua Asprov PSSI Banten Deni Arisandi (kedua dari kiri) memberikan arahan kepada pelatih dan ketua dari sembilan klub pada kegiatan workshop Liga 3, Senin (30/7) di aula KONI Kota Serang.

SERANG – Jadwal pertandingan Liga 3 2018 telah ditetapkan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Banten, Senin (30/7). Sebanyak sembilan klub sepak bola yang tercatat menjadi peserta kompetisi klub sepak bola se-Banten tersebut. Dua klub di antaranya hadir sebagai pendatang baru Liga 3, yakni Banten Jaya FC binaan Pemprov Banten dan Duta FC dari Lebak.

Wakil Ketua Asprov PSSI Banten Deni Arisandi mengatakan, kick off akan dimulai pada 5 Agustus. Sebagai pembuka pertandingan, klub Sams Soccer akan bertarung melawan Persitangsel dan Markas klub Serang Jaya di Kota Serang akan menjadi tuan rumah. Untuk lokasi pertandingan sepanjang Liga 3 akan dilangsungkan di Stadion Maulana Yusuf.

“Kita baru saja melakukan pengundian dan pembagian grup. Dari sembilan klub peserta Liga 3 Banten, terbagi menjadi dua grup, yaitu Grup A dan Grup B. Di Grup A ada klub Sams Soccer, Duta FC, Persitangsel, Bantara SC, dan klub Banten Jaya FC. Sementara di Grup B dihuni klub Serang Jaya, Persipan, Persikota, dan klub Perssic,” paparnya.

Deni berharap, pelaksanaan Liga 3 Banten dapat berjalan lancar dan melahirkan klub, serta pemain sepak bola profesional. Kata Deni, ada dua klub dari hasil turnamen Liga 3 Banten yang akan mewakili pada ajang Liga 3 tingkat nasional. Adapun juara hasil Liga 3 nasional nantinya berhak masuk klub Liga 2. Deni berharap, klub sepak bola Banten bersinar di kancah nasional dan semakin meramaikan Liga 2. Seperti halnya klub Perserang, Cilegon United, dan Persita. “Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya Liga 3 ini kita secepatnya menghasilkan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” harapnya.

Sementara klub tuan rumah Serang Jaya dijadwalkan akan menghadapi klub Persipan pada Senin (6/8). Ketua Klub Serang Jaya Pepi Andriyani Firmansyah mengaku, pihaknya sudah mempersiapkan timnya secara maksimal. Ia memasang target menang pada setiap pertandingan. “Target kita tetap untuk menang. Walaupun tahun kemarin (2017-red) kita berada di posisi runner up. Mudah-mudahan, tahun ini kita muncul sebagai juara,” harapnya.

Kendati memasang target tinggi, Pepi menegaskan bahwa para pemain yang diturunkannya diutamakan dari putra daerah dan memiliki KTP Kota Serang. Sebab, pemainnya bukan hanya dipersiapkan pada ajang Liga 3 saja, melainkan juga membela Kota Serang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 pada November.

“Kita maksimalkan pribumi. Serang Jaya telah memperbanyak jam latihan, jadi kita siap. Apalagi, kita berada di Grup yang agak enteng. Mudah-mudahan, kita bisa final,” harapnya.

Berkaca pada tahun lalu dan membaca peta pertarungan, Pepi akan mewaspadai Persitangsel sebagai lawan terberat Liga 3 Banten tahun ini. Meski demikian, ia tidak gentar dan optimistis Renaldi Cs akan menghadapi seluruh klub yang dilawannya. “Pemain kita sudah terbentuk. Kalau dimungkinkan (menambah pemain-red) tetap harus dari pribumi,” pungkasnya. (rbs/zai/rbg)