Tempat Petani Berkumpul Jadi Pusat Keamanan Warga

0
284 views

PETIR – Warga RW 002, Kampung Pasirmakir, Desa Padasuka, Kecamatan Petir, memanfaatkan tempat berkumpulnya petani atau saung milik Kelompok Tani Harapan Sejahtera menjadi pusat keamanan warga. Lokasinya yang berada di tengah perkampungan, menjadi alasan utama warga berkumpul tiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan mereka.

Ketua RW 002, Kampung Pasirmakir, Sama’un mengatakan, pihaknya telah lama memanfaatkan saung tersebut sebagai pos ronda. Selain strategis, luas, dan rapi, bangunannya juga dirasakan nyaman.            

“Kami menggunakan tempat ini (saung Kelompok Tani Harapan Sejahtera-red) untuk pos ronda karena berada di tengah kampung,” jelasnya kepada Radar Banten, Senin (7/10).

Penggunaan saung untuk pos ronda, menurut Sama’un, tidak mengurangi tingkat keamanan kampungnya. Lingkungan Pasirmakir tergolong aman. Sebab, tak kurang dari lima warga Pasirmakir selalu ronda malam.

“Kampung kita (Pasirmakir-red) tergolong aman. Alhamdulillah, warganya masih kompak,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, persiapan Pasirmakir mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 tinggal beberapa tahap. Untuk kebersihan, pengurus lingkungan dan warga tinggal menyediakan bak sampah dan memperbaiki saluran pembuangan air. Untuk keamanan, pengurus RW 002 hanya menambah jadwal pos ronda.

“Kebersihan mah alhamdulillah, paling debu saja menutupi paving block. Sampah rutin dibersihkan,” terang Sama’un.

Ketua Kelompok Tani Harapan Sejahtera Abu Bakar mengaku, tidak mempermasalahkan saung milik kelompok tani yang dia pimpin dijadikan sebagai pusat kegiatan warga Pasirmakir, termasuk dalam menjaga keamanan lingkungan. Terlebih, jelasnya, pihaknya pernah menjadi juara pertama Lomba Kelompok Tani Berprestasi Komoditas Padi tingkat Provinsi Banten pada 2018.

“Di sini (Kelompok Tani Harapan Sejahtera-red), alhamdulillah jadi pusat kegiatan warga. Tiap malam, warga rutin menggunakan tempat ini untuk ronda,” ungkap Abu Bakar.

Di tempat yang sama, Kepala Urusan Perencanaan Pemerintah Desa Padasuka Rahmatullah mengaku, persiapan lomba di Pasirmakir sudah mencapai 50 persen. “Kita tinggal menata jalan lingkungan dan pembuatan gapura pintu masuk kampung. Kebetulan, ini kampung perbatasan dengan Desa Kadu Genep,” pungkasnya. (fdr/don/ira)