Tol Serang-Panimbang Beroperasi 2021

0
487 views

SERANG – Pemprov Banten mengklaim Jalan Tol Serang-Panimbang mulai beroperasi paling lambat tahun depan. Pengerjaan proyek strategis nasional (PSN) itu terus dikebut, meski pandemi Covid-19.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengungkapkan, ada 13 PSN di Provinsi Banten senilai Rp652 triliun. Semua proyek itu dibangun berdasarkan Perpres 56/2018.

“Salah satu PSN yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat adalah pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Paling lambat tahun depan sudah beroperasi untuk Seksi I atau Serang-Rangkasbitung,” ujar Andika kepada wartawan, kemarin.

Kata Andika, Pemprov Banten telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait pelaksanaan PSN di Banten, termasuk dengan PT Wika Serang-Panimbang selaku pelaksana proyek.

“Kewenangan pemprov hanya memfasilitasi proses pembebasan lahannya. Untuk seksi I saat ini sedang dikebut proses pengerjaan kontruksinya,” katanya.

Berdasarkan laporan PT Wika Serang-Panimbang, pengerjaan kontruksi seksi I ditargetkan rampung pada Mei 2021. “Paling lambat Agustus tahun depan sudah beroperasi,” tutur Andika.

Selain jalan tol Serang-Panimbang, tahun depan yang ditargetkan rampung adalah proyek pembangunan Waduk Karian dan Waduk Sindangheula.

“Kami berharap semua PSN di Banten bisa membantu pertumbuhan ekonomi daerah, dan membuka lapangan kerja,” pungkas Andika.

Terpisah, Manager Bidang Human Capital dan Umum, PT Wika Serang-Panimbang, Bambang Yogaswara mengatakan, pekerjaan konstruksi jalan Tol Serang – Panimbang ini dimulai sejak awal tahun 2018. Ditargetkan seksi 1 Serang-Rangkasbitung akan siap digunakan pada Agustus 2021. “Pekerjaan konstruksi saat ini difokuskan untuk menyelesaikan Seksi 1 Serang – Rangkas Bitung, yang ditargetkan selesai pada buan Mei 2021,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini pengerjaan konstruksi seksi 1 Serang -Rangkasbitung sepanjang 26,5 km sudah lebih dari 70 persen. Setelah kontruksi selesai, prosesnya akan dilanjutkan dengan uji laik operasi yang direncanakan dilakukan pada Juni-Juli 2021. “Semoga tidak ada hambatan sehingga Agustus 2021 Tol Serang-Panimbang seksi 1 Serang – Rangkasbitung beroperasi,” ungkapnya.

Proyek Jalan Tol Serang–Panimbang sebagai salah satu PSN di Banten memiliki panjang 83.677 km. Pembangunan itu terbagi tiga seksi, yakni Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26.5 km, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 23.7 km, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

“Selama pandemi, pengerjaan sempat dihentikan pada April lalu selama 14 hari. Penghentian karena ada satu orang pekerja proyek yang terdiagnosa sebagai PDP. Namun setelah melalui pemeriksaan lanjutan di rumah sakit, pekerja tersebut dinyatakan negative Covid-19,” pungkasnya. (den/nda)