Warga Cilowong Mengeluh, Ada 30 Truk Buang Limbah Obat Kuat

Suasana pembuangan sampah di TPSA Cilowong
Suasana pembuangan sampah di TPSA Cilowong

SERANG – Warga Pasir Wadas, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, mengaku takut dan khawatir soal pembuangan sekitar 30 truk limbah obat kuat di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong Kecamatan Taktakan sekitar sebulan lalu.

“Hasil temuan yang ditemukan masyarakat ada tujuh jenis. Satu merk jamu, satu obat berbentuk kopi, kebanyakan jenis obat kuat. Ada sekitar 30 truk,” kata Maman Nurjaman salah seorang warga kepada wartawan, Selasa (29/12/2015).

Maman mengaku, warga khawatir limbah dari puluhan truk tersebut mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) yang diakibatkan dari obat tersebut. “Emang kami nggak tahu pastinya, tapi yang namanya limbah obat. Kami berharap pemerintah mengambil tindakan karena TPSA tempat buang sampah, bukan tempat obat. Kalau dibilang bau ya bau. Masalah air lindi belum selesai, eh ada lagi sampah obat,” kata Maman.

Suwanda, Ketua RW 06 Pasir Wadas membenarkan bila sebulan lalu telah terjadi pengiriman limbah obat besar-besaran, sehingga meresahkan masyarakat. “Dari yang masyarakat bilang ada sekitar 30 mobil truk kirim limbah obat, pada sekitar jam 4 sore hingga malam. Ini pernah ditanyakan ke pegawai TPSA namun alasannya itu limbah jamu,” katanya. (Fauzan Dardiri)