Wayang, Tema Warga RT 02 Cipare Tegal Mendekorasi Kampung

SERANG – Lukisan beberapa tokoh wayang menghiasi RT 02 RW 05, Lingkungan Cipare Tegal, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang. Warga melukisnya sesuai tema yang diangkat untuk mempersiapkan kampung ini di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Sebenarnya, kami tidak mengangkat tema tertentu. Saya membebaskan warga yang bisa melukis untuk membuat lukisan sesuai yang mereka inginkan saja. Ternyata ada beberapa tembok dilukis dengan karakter wayang kulit. Yang terpenting bagus dilihat,” kata Ketua RT 02 Ishaq Sholihin.

Ishaq menjelaskan, selain pengecatan, warga di lingkungannya juga diberikan kebebasan untuk melakukan penghijauan di halaman rumah masing-masing. Karena RT 02 termasuk lingkungan pada, warga jadi sulit membuat ruang terbuka hijau.

“Yang terpenting, lingkungan tidak terlihat kumuh dan acak-acakan saja. Warga juga sudah mengerti kok, dan banyak perubahan perilaku warga yang sudah terlihat,” jelas Ishaq.

“Kami masih ada beberapa penambahan lagi, karena memang masih ada yang perlu kami tata. Penataan awal kami adalah salah satu saluran air yang seringkali mengakibatkan beberapa titik di lingkungan kami banjir apabila hujan deras. Kami berswadaya memperbaiki saluran tersebut, baru dilanjutkan penataan lingkungan untuk lomba resik lan aman. Selain membuat gapura, juga pengecatan di lingkungan kami,” beber Ishaq.

Ita, salah satu warga RT 02, mengaku senang dengan penataan kampungnya. Terlebih, penataan RT ini dilakukan warga dengan gotong royong.

“Semua turun. Bapak-bapak, anak muda, ibu-ibu, semua gotong royong. Saya senang ngelihatnya. Semoga, warga bisa terus seperti itu,” harap Ita. (rio/don)