TANGERANG – PT Angkasa Pura II akan meningkatkan pelayanan sebagai upaya memperoleh predikat standar dunia. Public Relation PT Angkasa Pura II (AP II) Yado Yarismano mengatakan, berbagai fasilitas ditingkatkan sebagai upaya memberikan pelayanan optimal kepada penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
Mulai pembangunan Terminal 3 Ultimate, penyediaan kereta bandara (Skytrain) dan jasa porter gratis kepada pengunjung.
”Banyak target yang kami rencanakan, termasuk di tahun 2018 mendatang. Namun semua itu belum bisa kami publish. Terdekat, yang ingin kami benahi bukan hanya bandara saja, namun lebih kepada petugas bandara agar terus memberikan pelayanan terbaik,” kata Yado, Selasa (24/10).
Ditambahkan, PT Angkasa Pura II juga berencana bekerja sama dengan lembaga riset penerbangan dunia, yakni Skytrax untuk bersama-sama mengawasi dan memantau demi peningkatan pelayanan optimal di Bandara Soetta.
Sementara itu, jika dilihat dari Airport Service Quality (ASQ), Bandara Soetta sudah memperoleh standar kelas dunia dengan tiga bintang. Dan tahun ini hingga 2018 mendatang salah satunya adalah meningkat bintang menjadi lima. ”Kami percaya dengan peningkatan fasilitas di bandara seperti Skytrain dan sejumlah hotel berbintang di sekitar bandara akan kembali meningkatkan grade Bandara Soetta.
Untuk mendapatkan itu, setidaknya ada sekitar 330 poin yang harus dikaji versi Skytrax untuk bisa meraih predikat bandara berstandar dunia atau lima bintang.
Di antaranya, customer service center, customer service mobile, airport helper, non-smoking area officer, dan service marshall untuk membantu penggunanya.
Digital tools and application di bandara juga menjadi penilaian, dimana sudah tak lagi ketinggalan zaman. Sentuhan teknologi informasi sudah harus terlihat di sejumlah fasilitas pelayanan. Seperti smart taxi queuing system, smart parking system, 278 access point free wifi 50 mbps, smart toilet feedback, hingga Indonesia Airports Apps, penambahan jumlah trolley serta children’s play facilities dan lainnya. (Ade Maulana/RBG)