Nurul Arifin

SERANG – Partai Golkar akan all out untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017. Partai berlambang pohon beringin ini sudah mantap mengusung Andika Hazrumy, sebagai bakal calon gubernur. Banyak alasan, kenapa Partai Golkar mengusung Andika ke Banten-1.

Menurut fungsionaris DPP Partai Golkar Nurul Arifin, Andika menguasai akar rumput dan melekatnya kultur Banten di diri Andika. Itu merupakan modal yang sangat besar. Nurul juga memandang bahwa posisi Andika telah mapan untuk diusung ke Banten-1. Pastinya, hal ini sudah menjadi catatan bagi pusat untuk mempersiapkan tim pemenangan. ”Kita pastinya ke sana, dia punya modal. Mau dipinang tetap dia wakil Golkar di Banten,” terang anggota DPR-RI periode 2009-2014 kepada Radar Banten, kemarin.

Kata Nurul, pada Agustus mendatang Partai Golkar akan menurunkan tim pilkada ke Banten pasca Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 27-28 Juli. Tim ini akan melihat sejauh mana survei elektabilitas dan popularitas sang calon.

”Tapi kami lihat dulu siapa yang bisa diusung. Banyak penilaian. Kalau memang keduanya (Rano-Andika) pas, akan diusung. Evaluasi pilkada, dominasi partai tidak lagi penting. Tapi siapa tokohnya,” kata Nurul.

Di sisi lain, Golkar melihat di Banten ada sejumlah permasalahan yang kompleks. Oleh sebab itu, provinsi di barat Pulau Jawa ini membutuhkan ketokohan yang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi.

Dihubungi terpisah, Tantowi Yahya, menyebut sosok Andika sudah mapan dalam partai, sementara petahana Rano Karno masih dipertanyakan. Baginya, kondisi itu bisa diputarbalikkan karena peluang Golkar untuk mencari pendamping sangat besar. ”Ini harus dijaga. Saatnya Golkar cari pendamping, momen itu jangan sampai dilewatkan,” singkatnya. (Supri/Radar Banten)