Putri, Pebulutangkis Banten Bertahan di Pelatnas Pratama

Atlet tunggal putri bulu tangkis Banten, Putri Kusuma Wardani saat tampil di Popnas XIV Jawa Tengah 2017. Sukses meraih medali emas membuat Putri dipanggil bergabung di Pelatnas Pratama PBSI 2018 di Cipayung, Jakarta Timur.

PRESTASI cemerlang yang ditoreh atlet bulutangkis pelajar Banten, Putri Kusuma Warda sepanjang tahun 2017 berbuah positif.

Secara mengejutkan, Putri masuk jajaran elite pebulutangkis nasional yang dipertahankan Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) dalam program pembinaan jangka panjang pada Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) PBSI 2018.

    Putri yang masih tergolong atlet junior tergabung dalam Pelatnas Pratama PBSI 2018 yang bermarkas di Cipayung, Jakarta Timur. Tidak hanya bertahan di Pelatnas Pratama, Putri juga berpeluang menembus persaingan di level senior di Pelatnas Utama PBSI bila dalam rentang waktu enam bulan kedepan mampu menuai banyak prestasi.

    Pelatih Bulutangkis Banten Mahpudin Joe mengatakan, kans Putri bertahan di pelatnas sangat besar. Itu tidak lepas dari performa yang ditampilkan Putri terus meningkat.

Alhamdulillah, dengan bertahannya Putri di pelatnas membuat peluang untuk tampil di berbagai event internasional semakin besar, kata Joe kepada Radar Banten, Minggu (20/5).

    Joe menambahkan, Putri diprediksi mampu menembus persaingan papan atas pelatnas elit senior putri lantaran tipikal permainan yang dimilikinya sangat langka.

“Putri ini hampir sama dengan tipikal pemainan yang dimilki mantan pebulu tangkis nasional Susi Susanti. Putri mainnya santai, penempatan bolanya sulit dijangkau lawan, pertahanannya juga kuat, dan pukulan yang dimilikinya komplet,” terang Joe.

    Sementara itu, Asisten Pelatih Bulutangkis Pelajar Banten yang mendampingi Putri meraih medali emas Popnas 2017 lalu, Deni menyatakan, bulu tangkis Banten memiliki peluang untuk meraih prestasi lebih baik di PON XX Papua 2020.

“Keberadaan Putri di tim bulutangkis Banten di PON XX Papua 2020 nanti akan membuat kita disegani. Tidak hanya disegani, prestasi Putri akan berpengaruh besar dengan tim Banten,” ucapnya singkat. (dre/ful/dwi)