WH Ajak HMI Bersinergi dengan Pemprov Banten

0
210 views
Gubernur Banten Wahidin Halim saat menjadi pembicara pada acara Latihan Kader (LK) II tingkat nasional HMI Cabang Serang, Senin (29/7). Foto: Biro ARTP Banten

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengajak Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk bersinergi dan menjadi mitra Pemprov Banten. Salah satu sinergi yang dapat dilakukan adalah pemberdayaan perekonomian masyarakat.

WH mengatakan, revolusi industri 4.0 yang saat ini harus dapat diikuti para mahasiswa. “Industri yang ada saat ini tidak memerlukan tenaga manusia, tapi otak dan pemikiran,” ujar WH saat menjadi pembicara pada acara Latihan Kader (LK) II tingkat nasional HMI Cabang Serang yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (29/7).

Kata dia, seluruh unsur masyarakat harus dipaksa mengikuti revolusi industri 4.0. Kalau tidak, maka akan tertinggal. Apalagi, masyarakat Banten yang menggunakan teknologi informasi baru mencapai 64 persen.

Ia mengatakan, HMI bersama mahasiswa lainnya harus bisa menjawab tantangan dari revolusi industri 4.0 bukan lagi dalam tahap persiapan. Persoalan yang dihadapi adalah bagaimana memanaj anak-anak muda yang kurang paham teknologi, tapi tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa bersaing dengan yang lain. Dengan begitu, para siswa yang baru lulus SMA/SMK di Banten sudah siap bekerja.

Menurutnya, saat ini pemerintah menjadi fasilitator dalam kemajuan teknologi. “Pemerintah yang menyediakan layanan-layanan teknologi itu. Salah satu caranya pengenalan teknologi di dalam lingkungan sekolah,” tuturnya.

WH berharap kader HMI dapat berkiprah dalam pembangunan Banten maupun skala nasional. “Apalagi masyarakat Banten cerdas. Sekarang saja banyak tokoh nasional dari Banten,”ungkap pria yang juga merupakan alumni HMI ini. (Rostinah)