TANGERANG – Banyak pengguna mobil matic yang memanaskan mesinnya di posisi transmisi parking atau P. Hal tersebut merupakan perilaku yang salah.
Menurut Hermanto dari Hermanto Matic, seharusnya pada saat memanaskan mesin mobil, transmisi diposisi Netral atau N.
“Taruh tuas transmisi di posisi N (Netral) dan jangan lupa tarik handbrake,” jelas Hermanto.
Apa alasannya? dan apa efeknya buat mesin dan transmisi?
Menurutnya, saat memanaskan mesin mobil matic dengan posisi persneling atau transmisi di posisi P, hal tersebut akan membuat sirkulasi oli transmisi menjadi tidak akan berputar.
“Karena kalau posisi P, pompa oli tidak bekerja,” jelas Hermanto, pemilik bengkel di Jalan Raden Patah, Parung Serab, Ciledug, Kota Tangerang ini.
Untuk itu, kata Dia, lebih baik ketika memanaskan mesin posisi selalu di posisi N. Sehingga ketika memanaskan mesin mobil matic, sekaligus juga memanaskan isi dari transmisinya. Komponen yang sudah dilumasi pada saat proses pemanasan itu, katanya, sudah siap untuk menerima beban, sehingga gesekan dalam transmisi otomatis tidak terlalu tinggi.
“Berbeda jika transmisinya belum dipanasi, hal itu bisa bikin part cepat aus serta kampas kopling bisa selip, dan membuat umur transmisi menjadi pendek,” jelasnya.(rbnn)