SERANG,RADARBANTEN.CO.ID- Pasangan calon Andika Hazrumy dan Nanang Supriyatna memaparkan program kerja yang akan dijalankan ketika mereka menjadi Bupati dan Wakil Bupati Serang.
Program yang akan dijalankan ialah soal optimalisasi pelayanan publik dengan memanfaatkan digitalisasi. Hal itu dinilai penting dilaksanakan lantaran luas wilayah Kabupaten Serang yang luas sehingga penerapan digitalisasi dinilai penting agar mampu mendekatkan pelayanan ke Masyarakat.
Andika mengatakan, optimalisasi pelayanan digital adalah kunci dari pemerataan pelayanan pemerintah di era sekarang. Dengan optimalnya pelayanan digital, jarak tidak lagi menjadi kendala bagi masyarakat untuk bisa mengakses pelayanan pemerintah.
“Kami akan bangun pemerintahan digital agar dapat memberikan penguatan terhadap masyarakat sehingga bisa mengakses langsung sehingga tidak perlu bertatap muka,” kata Andika saat melaksanakan debat perdana, Jumat 8 November 2024
Ia mengungkapkan dengan digitalisasi, masyarakat Kabupaten Serang yang rumahnya jauh dari pusat pemerintahan bisa mendapatkan pelayanan publik dari rumahnya.
“Masyarakat yang ada di ujung barat, bisa terpotong waktunya tidak terlalu lama, aksesnya bisa lebih mudah, waktunya bisa lebih efisien,” ujarnya.
Andika mengaku akan melakukan penguatan-penguatan terhadap sumber daya manusia yang dimiliki oleh Pemkab Serang sehingga nantinya mereka bisa menjalankan digitalisasi dengan baik.
“Kami akan melakukan penguatan-penguatan terkait sumber daya atau operator-operator pemerintah tersebut,” ujarnya.
Selain menyiapkan SDM di pemerintahan, Pihaknya juga akan menjalankan program literasi digital bagi masyarakat kabupaten serang. Hal ini penting dilaksanakan agar masyarakat siap dengan program digitalisasi yang akan dijalankan.
“Termasuk kami juga akan membuat program kepada masyarakat untuk bisa mengakses informasi, literasi digital, agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan informasi,” tegasnya.
Pihaknya mengaku akan memaksimalkan pelayanan publik di setiap kecamatan di Kabupaten Serang sehingga untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan offline, mereka tinggal datang ke kecamatan.
“Jadi kita maksimalkan secara digital dan peningkatan kualitas pelayanan di Kecamatan, sehingga informasi juga bisa diserap melalui kantor kecamatan,” pungkasnya.
Reporter: Ahmad Rizal Ramdhani
Editor: Agung S Pambudi