CILEGON,RADARBANTEN.CO.ID–Cuaca buruk yang terjadi pada Selasa 3 Desember 2024 membuat layanan penyeberangan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon terganggu.
Cuaca buruk berupa hujan dan angin kencang terjadi pada Selasa pagi.
PT ASDP Indonesia Ferry melalui keterangan tertulis mengimbau masyarakat dan pengguna jasa penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni untuk lebih waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi kelancaran perjalanan laut. ASDP menegaskan pentingnya perencanaan perjalanan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan bersama.
Berdasarkan laporan BMKG, Selasa (3/12), cuaca di sekitar lintasan Merak-Bakauheni berada dalam pengawasan status siaga. Angin berkecepatan 17-23 knots bertiup dari barat daya, sementara ketinggian gelombang laut tercatat antara 1,5 hingga 2,5 meter. Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga malam hari.
Untuk menghadapi tantangan ini, ASDP terus memperkuat koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk BMKG, Kepolisian, dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). Langkah ini dilakukan untuk memastikan operasional kapal tetap berjalan sesuai standar keselamatan.
Saat ini di lintasan Merak-Bakauheni terjadi kondisi cuaca ekstrem, yang berdampak terhambatnya pelayanan terhadap pengguna jasa dikarenakan proses bongkar muat kapal membutuhkan waktu yang lebih lama.
“Karenanya kami mohon pengertian seluruh pengguna jasa, dan agar tetap mengikuti arahan petugas di lapangan,” ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin.
ASDP juga mengimbau pengguna jasa untuk merencanakan perjalanan dengan baik, dengan menghindari jam-jam sibuk dan atur waktu perjalanan sehingga tepat waktu tiba pelabuhan.
Kemudian, membeli tiket secara online melalui Ferizy dan memantau informasi terkini cuaca dan kondisi pelabuhan melalui kanal resmi ASDP dan layanan pelanggan.
“Keselamatan pengguna jasa adalah prioritas utama kami. Kami bekerja sama dengan semua stakeholder untuk memastikan layanan penyeberangan tetap optimal, meski di tengah tantangan cuaca ekstrem,” ujar Shelvy Arifin.
ASDP berkomitmen untuk terus memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa, sambil memastikan kelancaran operasional dan keselamatan selama perjalanan. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs web resmi ASDP atau aplikasi Ferizy.
Reporter: Bayu Mulyana
Editor: Agung S Pambudi