Pengelolaan Sampah Belum Baik

0
727 views

SERANG – Warga RT 04 RW 08, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, belum mengelola sampah dengan baik. Inovasi diperlukan, meskipun sederhana. Demikian saran Tim 4 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang saat melakukan penilaian, Senin (4/5). 

“Yang belum itu inovasi dalam pengelolaan sampah. Belum ada upaya pemilahan sampah, sehingga sampah organik dan nonorganik masih terkumpul,” kata Leni Suryani, anggota tim 4. “Yang perlu dibenahi soal bank sampah dan pemilahan sampah,” tambahnya.

Leni menilai, kebersihan dan penataan lingkungan RT 04 sudah bagus. Sebab, warga telah mengecat jalan berkonstruksi paving block, melakukan penghijauan, membuat taman bunga dan taman tanaman obat keluarga (toga), serta taman bermain anak. Dinding rumah warganya pun ada yang dihiasi grafiti.

Kekurangan untuk kategori kampung aman di RT 04, diungkapkan oleh Iptu Iriyatno. Yakni, kelompok penggerak sadar hukum yang belum terbentuk dan bangunan pos kamling belum permanen.

“Jadwal ronda ada, buku mutasi tidak ada, dan pos kamling masih di lahan pribadi. Kelompok sadar hukum tidak berjalan,” jelas Iriyatno.

Ia berharap, pada penilaian tahap kedua nanti, warga RT 04 lebih peduli terhadap lingkungannya. Pembenahan dilakukan lagi. Sehingga, bisa berpotensi menjuarai perlombaan yang telah menjadi program Pemkot Serang tersebut.

Ketua RT 04 Sholihin Amin mengakui jika penataan lingkungannya belum maksimal. “Penataannya memang baru segitu. Nanti akan kami tingkatkan lagi untuk penilaian tahap kedua,” ujarnya. (rio/don)