PANDEGLANG,RADARBANTEN.CO.ID-Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang akan menerapkan pelayanan publik berbasis digital dalam satu aplikasi.
Pelayanan publik berbasis digital yang diterapkan MPP Pandeglang adalah layanan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada masyarakat dan pemerintah atau yang lebih dikenal sebagai e-government.
Pelayanan publik berbasis digital memiliki banyak manfaat, di antaranya informasi dan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat, transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan, menghemat waktu pelayanan dan anggaran.
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pandeglang Mursidi menyatakan, dalam waktu dekat MPP Pandeglang segera menerapkan pelayanan publik berbasis digital.
“Dimana nanti MPP digital ini merupakan pelayanan publik berbasis elektronik Pemerintah Daerah yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Semua jenis pelayanan publik akan diterapkan melalui digital,” katanya di Gedung MPP Pandeglang, Kamis, 3 Oktober 2024.
Melalui layanan MPP Digital, menjadikan masyarakat bisa dengan mudah, cepat dan tepat mendapatkan pelayanan.
“Penerapan pelayanan digital sebagai wujud percepatan integrasi pelayanan publik. Nanti masyarakat tidak perlu datang atau bertatapan muka langsung dengan petugas pelayanan, cukup dirumah dan dimana saja,” katanya.
Pelayanan digital ini bisa diakses dimanapun, kapanpun. Melalui satu aplikasi yang sudah terintegrasi.
“Untuk tahap awal layanan digital ini meliputi layanan izin tenaga kesehatan yang mencakup 31 layanan. Untuk tahapan selanjutnya yakni layanan administrasi kependudukan,” katanya.
Jadi, Mursidi menerangkan, jangan heran apabila ke depannya di Gedung MPP terlihat sepi pengunjung.
“Karena pelayanan publik sudah menggunakan satu aplikasi yang terintegrasi,” katanya.
Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, penerapan MPP digital merupakan bentuk komitmen Pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat Kabupaten Pandeglang.
“Namun tentunya harus betul-betul dipersiapkan dengan matang. Untuk tujuan memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat,” katanya.
Reporter: Purnama Irawan
Editor: Agung S Pambudi