Gerakan Pramuka Garda Terdepan Cetak Generasi Berkualitas

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak Ade Sumardi melantik Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Curugbitung Masa Bakti 2019-2022, di aula kantor Kecamatan Curugbitung, Rabu (14/8).

LEBAK – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak Ade Sumardi menyatakan bahwa gerakan pramuka dapat menjadi garda terdepan dalam mencetak generasi unggul yang berkualitas. Soalnya, selain organisasi profesional, lembaga ini juga diisi oleh orang-orang pintar yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.   

“Harus dipersiapkan generasi penerus yang berkualitas dan handal, agar mereka mampu bersaing dan berkompetisi di kancah nasional maupun internasional,” kata Ade usai melantik Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Curugbitung Masa Bakti 2019-2022, di aula kantor Kecamatan Curugbitung, Rabu (14/8).

Wakil Bupati (Wabup) Lebak ini menyebutkan, Pramuka merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda Indonesia yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda.

Tujuannya, kegiatan itu guna menciptakan generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, dan mempunyai kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat sekitarnya. “Di dalam kepramukaan mengajarkan setiap anggotanya untuk peduli terhadap orang lain, membentuk jiwa satria, kepemimpinan, berwawasan luas, serta membentuk karakter bagi setiap anggotanya,” kata Ade, kemarin.

Dia mengimbau, agar setiap anggota Pramuka dapat memberi contoh kepada masyarakat untuk berjuang bagi kepentingan orang banyak serta mempunyai rasa kepedulian sosial yang tinggi. “Pramuka harus memberi contoh yang baik sesuai apa yang tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka,” ungkapnya.

Dalam perkembangan dan perubahan lingkungan yang pesat, sebut Ade, Pramuka selalu andil secara aktif membantu Pemerintah dalam pembangunan nasional.

“Perubahan perilaku generasi muda, peningkatan kemampuan pribadi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus diberikan kepada generasi muda. Dan itu telah dilakukan oleh Pramuka,” katanya.

Ade berpesan agar pengurus Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Curugbitung dapat menjalankan wewenang dan tanggung jawab dengan sepenuh hati, mengembangkan gerakan kepramukaan di daerah setempat.

“Segera susun program kerja, fokuskan kepada anak-anak muda kita, untuk mempersiapkan genarasi yang berkualitas,” ujarnya.

Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Curugbitung Muksin mengatakan kesiapannya untuk memajukan kepramukaan di wilayahnya.

Dia berjanji akan meminta semua pengurus mendukung memajukan kepramukaan, agar tetap eksis dan semakin maju, khususnya Gerakan Pramuka di Kecamatan Curugbitung. “Tentunya, dengan dukungan semua pihak, mudah-mudahan kami bisa melaksanakan tanggung jawab ini,” kata Muksin. (nce/zis)