Mutasi Besar-besaran, Bupati Zaki: Tidak Ada Dinas Air Mata

Sekda Kabupaten Tangerang Rudi Maesyal (kiri) menghadiri pelantikan 680 pejabat di Gedung Serba Guna, Puspemkab, Tigaraksa, Kamis (25/7). Foto Wivy/Radar Banten

TANGERANG – Sebanyak 680 pejabat setingkat esellon II, III, IV di lingkungan Pemkab Tangerang dilantik di Gedung Serba Guna (GSG), Pusat Pemkab Tangerang, Kamis (25/7). Itu adalah mutasi terbanyak dalam kepemimpinan periode dua Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Zaki mengatakan pelantikan ini diharapkan menjadi penyemangat baru di lingkungan Pemkab Tangerang. “Pelantikan ini sebagai penyegaran beberapa posisi pada dinas yang ada di Kabupaten Tangerang,” katanya setelah melantik, Kamis (25/7).

Zaki meminta, para pejabat yang dilantik bisa bekerja cepat dan dinamis di posisinya yang baru. “Saya ingin menekankan kepada semua pejabat yang dilantik untuk bisa bekerja secara cepat, dinamis, efektif, efisien, dan tepat sasaran sesuai visi misi mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, dan religius,” tekannya.

Zaki menegaskan, tidak ada dinas mata air dan dinas air mata. Semuanya sama. Sekarang ini, lanjut Zaki, ada tunjangan kinerja terhadap semua posisi di masing-masing dinas. “Saya berharap, seluruh aparatur sipil negara Kabupaten Tangerang di dinas manapun berada, harus bertanggung jawab terhadap tugas di dinasnya masing-masing. Tidak ada cerita dinas air mata, anak tiri, anak pungut atau anak emas. Tidak ada. Semua diawasi oleh panitia seleksi dan Baperjakat,” tegasnya.

Meski sudah melakukan mutasi besar-besaran, Zaki menuturkan, masih ada kursi kepala dinas yang kosong. Yakni, Dinas Perikanan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Sekretaris Dewan (Setwan), Dinas Sosial (Dinsos), serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). “Sementara nanti akan ada Plt dan akan ada open bidding untuk penggantinya,” tukasnya.

Sementara itu, Mantan Kepala BKPSDM Achmad Surya Wijaya kini menempati posisi baru sebagai kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. “Alhamdulillah. Nanti bakal ada open bidding buat ngisi jabatan yang lama. Untuk waktunya, nanti segera diberitahukan lagi,” ungkapnya.

Selain Surya, kepala dinas yang bergeser diantaranya Taufik Emil dari Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) pindah ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Saifullah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) pindah ke Dinas Pendidikan, Firzada Mahadi dari Sekretariat Dewan ke DTRB, Bambang Mardi dari Dinas Perhubungan pindah ke Satpol PP. (mg-04/asp)