Pemuda RW 04 Ciakar Mewarnai Kampung

0
304 views

BOJONEGARA – Lingkungan Kampung Ciakar, RW 04, Desa Lambangsari, Kecamatan Bojonegara, menjadi lebih berwarna. Pemuda di kampung ini membuat mural “Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang” dan “Radar Banten” di tembok pagar. Pemuda juga menghiasi jalan dengan lukisan tiga dimensi (3-D).

Di LKBA 2020, kampung dengan jalan yang baru dibeton pekan lalu ini menjadi andalan Pemerintah Desa Lambangsari. Alasannya, para pemuda di RW yang terdiri dari dua RT itu, RT 07 dan RT 012, sangat antusias menyambut lomba kebersihan dan keamanan tingkat Kabupaten Serang tersebut.

”Berkat pemuda, kampung ini jadi berwarna. Pemuda gotong royong siang dan malam,” kata Ketua RW 04 Tabrani kepada Radar Banten, Selasa (6/10).

Saat ini, kata Tabrani, para pemuda tengah menggarap pengecatan di dua lokasi. Yakni, jalan di bagian depan kampung yang ada tembok pagar rumah warga serta sumur umum yang menjadi pusat sumber air warga RW 04.

”Tahap awal kita memang fokus ke pengecatan dulu,” ujar Tabrani.

Selanjutnya, para pemuda bakal membuat pagar dan memasangnya di pinggir jalan sekira 300 meter. Kemudian, melakukan penghijauan dengan menempatkan pot tanaman hias dan bunga di pinggir jalan. ”Kita instruksikan juga ibu-ibunya untuk hias pekarangan rumah dengan tanaman,” tambah Tabrani.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Lambangsari Muhibudin menambahkan, RW 04 bakal menjadi percontohan bagi RW lainnya di Desa Lambangsari. ”Kami upayakan semua RW ikut lomba, minimal kebersihan dan penghijauannya dijaga,” katanya.

Muhibudin optimistis, pihaknya bisa membawa RW-RW di Desa Lambangsari menjuarai beberapa kategori di LKBA. Soalnya, pada LKBA 2019 warga gagal mendapat nominasi juara.

”Tahun ini harus bisa. Saya percaya, para pemuda bakal menunjukkan hasil penataan maksimal,” pungkas Muhibudin. (mg06/don)