Program DKCS Cilegon Keliling Selesai Akhir September

0
916 views
Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

CILEGON – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon terus melakukan pemerataan terhadap pembuatan dokumen catatan sipil di setiap Kelurahan di Kota Cilegon. Menggunakan mobil keliling, dalam seminggu sebanyak tiga kali DKCS mendatangi Kelurahan secara bergilir.

Kepala DKCS Kota Cilegon Soleh mengatakan sejak awal 2017 DKCS telah melakukan program pembuatan dokumen catatan sipil secara keliling. Program itu akan terus dilaksanakan sampai akhir September tahun ini. “Kemarin sudah ke Sukmajaya dan Gedong Dalem. Nanti Senin dan Selasa akan terus dilakukan sesuai jadwal,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon selular, Jumat (7/7).

Ia memantau program tersebut disambut baik dengan masyarakat. Setiap mendatangi kelurahan warga antusias untuk membuat dokumen catatan sipil. “Karena KK, KTP itu perubahannya dinamis. Lahir, mati, pindah, datang, perubahan status, perubahan pekerjaan, dan perubahan sekolah juga,” katanya.

Ia menyampaikan persedian blangko KTP masih tercukupi. Setiap dokumen yang disebar di setiap Kelurahan dapat digunakan untuk empat kebutuhan seperti Kartu Keluarga, KTP, Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak.

“Satu pengumpulan data yang diberikan warga dapat empat dokumen kependudukan, four in one. Sisa blangko masih 7299. Kita jemput bola ke lapangan, per harinya setiap kita ke kelurahan tak kurang dari 150 orang yang membuat berbagai dokumen,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)