Warga Gerem Digegerkan Pipa Pabrik Kimia Meledak

Garis polisi terpasang di sekitar lokasi kejadian
Garis polisi terpasang di sekitar lokasi kejadian

MERAK – Warga di lingkungan Gerem Raya RT 03 RW 04, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon digegerkan dengan sebuah bunyi ledakan yang berasal dari salah satu pipa di ruas Jalan Raya Statomer, Senin (18/1/2016) sore.

Lasmiati (32), salah seorang warga mengaku langsung panik begitu mendengar adanya suara ledakan di depan kiosnya itu. “Saya sedang di dalam (kios), tau-tau ada suara ledakan sama asap putih yang banyak keluar dari dalam tanah,” ujarnya kepada Radar Banten Online.

Tak lama setelah kebulan asap itu hilang, kata dia, warga yang berbondong-bondong mendekat sudah mendapati kondisi permukaan tanah yang terangkat dan menganga. “Kayaknya itu tadi ledakan dari pipa kimia. Tapi belum tau punya siapa (pabrik),” katanya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, banyaknya pabrik kimia di kawasan itu, membuat wargapun belum dapat memastikan pabrik yang mana sebagai pemilik pipa. “Yang pasti ini (ledakan) pipa dari pabrik kimia. Soalnya baunya sangat menyengat, mungkin karena sambungan pipanya yang rusak,” kata Jafar, Ketua RT setempat.

Untuk mengantisipasi adanya dampak lain akibat ledakan tersebut, polisi dari Polsek Pulomerak langsung mengevakuasi lokasi dengan memasangi garis polisi. “Kita juga masih menunggu dengan memintai keterangan sejumlah pabrik. Tadi juga ada yang dari PT Dover (Dover Chemical), cuma mereka juga belum bisa pastikan apakah itu pipa mereka,” kata Perwira Unit (panit) I Reskrim Polsek Pulomerak Aiptu Roni Hermawan yang ditemui di lokasi. (Devi Krisna)