Kelengkapan Pos Ronda RT 01 Muncul Jaya Masih Jadi PR

CIPOCOK JAYA – Penataan lingkungan RT 01 RW 014, Lingkungan Muncul Jaya, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya, akan dilanjutkan. Salah satunya, melengkapi peralatan keamanan di pos ronda. Hal ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi warganya sebelum penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Dari pantauan di lapangan, warga RT ini sudah menata lingkungannya. Pemagaran, pengecatan, dan penghijauan telah dilakukan. Namun, masih perlu ditingkatkan.

“Kalau masukan dari tim juri ketika penilaian pertama lalu, kami masih perlu melengkapi peralatan di pos ronda. Kalau dilihat sekarang, pos ronda kami cuman pos doang, masih belum ada apa-apa. Nanti akan kami lengkapi,” ujar Ketua RT 014 Wahid pada Jumat (12/6).

Sesuai hasil penilaian tim juri, kekurangan pos ronda RT 014 adalah nomor telepon penting, alat pemadam api ringan (apar), senter, kentongan, dan tangga. Apar tidak harus yang mahal atau buatan pabrik. Warga bisa menggunakan karung goni sebagai alat pemadam api.

Tembok-tembok di pinggir jalan di RT ini juga sudah dihias dengan lukisan. Warga dan pemuda yang mendekorasinya. Tetapi, masih belum maksimal. Warga akan melanjutkannya lagi agar lingkungannya lebih indah.

“Penghijauan juga terus kami lakukan supaya dalam waktu sebulan ke depan, sudah bisa terlihat hasilnya. Warga, di rumah masing-masing, menanam di halamannya. Saya berharap, warga juga bisa mandiri melakukan penghijauan dan pemagaran halamannya. Sudah ada beberapa rumah yang menerapkannya, tapi belum merata,” tambah Wahid.

Penataan lingkungan RT 014 dilakukan warga secara gotong royong. “Kemarin, selama puasa, kami penataan sampai sahur. Bikin pagar, pemasangan (pagar-red), pengecatan, dan lainnya dilakukan malam hari. Kalau sekarang masih rehat. Nanti akan dilanjutkan lagi,” tutur Masri, warga RT 014. (rio/don)