Chief Digital Service Officer XL Joseph Lumban Gaol, Presiden Direktur XL Dian Siswarini, Direktur/Chief Service Management XL Yessie D. Yosetya, Chief Corporate Affairs Officer XL Eka Bramantya Danuwirana dan Chief of Prepaid Business Officer XL David Arcelus Oses dalam acara peluncuran layanan 4G LTE Semarang di Jakarta, Jumat (24/6).

JAKARTA – Warga Kota dan Kabupaten Semarang dan sekitarnya kini mulai terlayani internet cepat 4G LTE dari PT XL Axiata Tbk (XL). Mulai beroperasinya layanan di Ibu Kota Jawa Tengah ini sekaligus menambah deretan kota-kota di provinsi tersebut yang telah yang terlayani 4G LTE.

“Dalam menggelar layanan 4G LTE, XL selalu mempertimbangkan banyak hal agar manfaatnya bisa maksimal didapatkan oleh pelanggan. Jadi, tidak asal peresmian-peresmian atau klaim sudah berapa kota. Satu hal yang juga harus diperhitungkan adalah sejauh mana pelanggan dan masyarakat di suatu kota sudah siap mengadopsi layanan 4G LTE. Hal ini bisa ditunjukkan dari tingkat kepemilikan smartphone 4G,” kata Direktur/Chief Service Management XL Yessie D Yosetya dalam siaran pers, Senin(27/6).

Untuk tahap awal, saat ini sudah tersedia tidak kurang dari 146 BTS 4G yang tersebar di berbagai area di Kota Semarang dan sekitarnya termasuk Salatiga. Total pelanggan XL di kota Semarang saat ini sekitar 370 ribu pelanggan, yang merupakan pelanggan potensial untuk berpindah ke layanan internet cepat 4G. Sebanyak 24% dari pelanggan tersebut telah menggunakan kartu SIM 4G, dan 13% pelanggan telah menggunakan smartphone 4G.

Layanan 4G LTE di Semarang akan meng-cover area-area yang menjadi pusat kegiatan bisnis dan ekonomi, pariwisata, pemerintahan, dan perguruan tinggi. Area-area tersebut antara lain Genuk, Pedurungan, Gayamsari, Semarang Timur, Semarang Tengah, Semarang Utara, Semarang Selatan, Semarang Barat, Gajah Mungkur, Candisari, Tembalang, Banyumanik, Tugu, dan Ngaliyan.

Di wilayah Jawa Tengah, layanan internet cepat 4G LTE dari XL sudah bisa diakses di kota-kota di sepanjang Pantai Utara (Pantura) bagian Barat, mulai di Brebes, Tegal, Pekalongan, Batang dan Semarang. Jalur ini dikenal sebagai bagian dari jalur utama mudik transportasi darat di Pulau Jawa. Kota utama lainnya yang telah mendapatkan 4G LTE adalah Purwokerto, Banyumas dan Solo, dan segera menyusul dalam waktu dekat Magelang.

Secara nasional, hingga saat ini layanan 4G LTE dari XL sudah melayani pelanggan dan masyarakat di 58 kota/kabupaten. Akan menyusul segera tambahan beberapa puluh kota lagi hingga mencapai 100 kota/area hingga akhir tahun 2016 ini. Selain terus memperluas wilayah cakupan layanan 4G LTE, XL juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas layanan dari sisi teknis. (Aas)