Pemkab Pandeglang Terus Dorong Peningkatan Produksi Padi

0
631 views
MENGOPERASIKAN MESIN: Bupati Irna Narulita mencoba mengoperasikan mesin rontok, di area persawahan Desa Cikeusik, Kecamatan Cikeusik, Sabtu (18/2).

PANDEGLANG – Bupati Irna Narulita mengaku, Pemkab Pandelang kini terus mendorong peningkatan produksi pertanian di seluruh kecamatan. Hal itu, kata dia, dibuktikan dengan kerap diberikannya bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Seperti bantuan mesin kepada petani di Kecamatan Cikeusik.

“Alsintan ini tentu dapat membantu petani dalam melakukan pemanenan padi. Seperti pada musim hujan sekarang ini, jika padi lambat dipanen akan merugikan petani,” kata Irna di sela-sela panen raya padi di Blok Persawahan Sukalaksana, Desa Cikeusik, Kecamatan Cikeusik, Sabtu (18/2).

Irna berharap, dengan adanya bantuan alsintan berupa combine harvester ini, petani bisa memanen padi seluas satu hektare tanaman padi dengan waktu tiga jam. “Jadi mesin rontok ini lebih efektif jika dibandingan manual dengan tenaga petani,” katanya.

Selain itu, Irna berjanji, selain dukungan berupa bantuan alsintan sebagai percepatan produksi padi, infrastruktur di lingkungan pertanian juga akan dilakukan pembenahan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). “Supaya jangan sampai ada hambatan terhadap pertanian,” ujarnya.

Salah seorang petani asal Kampung Cigebang, Desa Tanjungan, Darna, mendukung langkah Pemkab Pandeglang dalam melakukan peningkatan produksi padi. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan alsintan. Apalagi, jalan menuju persawahan yang kerap kita keluhkan, rencananya akan dibangun Bupati Irna,” katanya. (Herman/Radar Banten)