Pemkab Serang Luncurkan Program Pasar UMKM

Para pelaku UMKM Batik Kaserangan dan alas kaki asal Kabupaten Serang berlaga di depan kamera mempromosikan produk unggulannya pada program ’Ayo Beli Produk UMKM’ yang digagas Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Banten TV di Studio Banten TV, Rabu (6/5).

Promosikan Produk UMKM di Banten TV

SERANG – Pada masa pandemi Covid-19 ini membuat sebagian besar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami hambatan dalam mencari nafkah, tak terkecuali pelaku UMKM di Kabupaten Serang. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) hadir di tengah kesusahan para pelaku UMKM dengan membuat terobosan program, yaitu mempromosikan produk UMKM melalui media televisi lokal bekerja sama dengan Banten TV. 

Program inovasi Pemkab Serang itu berjudul ‘Ayo Beli Produk UMKM’ di Pasar UMKM yang bertemakan ‘Bersatu Melawan Corona’. Program mulai dilaunching pada Rabu (6/5) sekaligus tayang perdana di Banten TV. Beberapa pelaku UMKM dihadirkan untuk mempromosikan produk unggulannya, mulai produk batik, alas kaki, hingga tas. Mulai dari Batik Kaserangan khas Kabupaten Serang, mulai dari kain, baju batik, hingga blangkon yang diproduksi di kawasan Perumahan Cilegon Indah (PCI), Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang hingga produk alas kaki, mulai dari sepatu dan sandal untuk laki-laki dan perempuan produksi lokal pelaku UMKM asal Kecamatan Pabuaran.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang, Abdul Wahid mengatakan, program merupakan inisatif Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk membantu para UMKM yang mengalami hambatan dalam penjualan dampak dari pandemi Covid-19. Menurutnya, dengan mempromosikan produk UMKM melalui media televisi lokal akan membantu mereka mendapatkan pelanggan, baik pelanggan lokal maupun luar daerah. “Untuk membantu para UMKM memenuhi kebutuhannya sehari-hari tidak perlu mengirim sembako, cukup dengan membeli produk-produk UMKM, anda sudah membantu mereka tetap bertahan di tengah pandemi. Makanya, ayo kita berbelanja di pasar UMKM,” ajaknya kepada masyarakat.

Dijelaskan Wahid, mempromosikan produk UMKM melalui program ‘Ayo Beli Produk UMKM’ sebagai bentuk pemberdayaan UMKM memanfaatkan TV lokal yang ada di Banten. Katanya, program akan ditayangkan dari Senin hingga Jumat pukul 14.00 WIB. Program ditayangkan secara live di Banten TV sehingga pelaku UMKM bisa berinteraksi juga dengan pembeli. Wahid berharap, melalui program, akan membangkitkan kembali pasar produk UMKM, baik di daerah maupun luar daerah.

“Saya jamin, produk yang ditawarkan pelaku UMKM di Kabupaten Serang merupakan produk unggulan dan berkualitas dengan harga terjangkau. Mudah-mudahan, promosi produk UMKM lewat TV ini efektif menarik minat masyarakat dan kembali membangkitkan pasar produk UMKM,” harapnya.

Senada disampaikan Sekretaris Diskoperindag Kabupaten Serang, Dedi Arif Rochidi. Ia juga berharap, melalui promosi di Banten TV produk UMKM bisa dikenal lebih luas lagi di masyarakat. (zai)